Jumat, 27 Mei 2016

Tahap Tes Penerimaan Pegawai Bank Mandiri



Ini lima hari sebelum saya berangkat ke kota Situbondo. Kenapa ke kota Situbondo?  “Alhamdulillah saya diterima menjadi Pegawai Bank Mandiri (Persero) Tbk, setelah perjuangan saya melamar kerja dari bulan Februari 2016 sampai dengan Mei 2016, pemburuan kerja saya sampai ke titik akhir.
Perjalanan dan perjuangan saya sebelum diterima sebagai Pegawai Bank Mandiri (Persero) Tbk. ada beberapa tahap, tahapannya sebagai berikut:
1.    Tahap 1 (Seleksi Awal)
Sebelum tahapan ini, sebelumnya saya dapat informasi pendaftaran dari Job Fair. Dari stand Bank Mandiri (Persero) Tbk. saya diberi sebuah link untuk pendaftaran (apply) via online. Berikut linknya: https://www.mandiricareer.net/#mandiri-jobs
Dari link tersebut kalian bisa melamar sesuai posisi yang diinginkan, saya kebetulan Apply Officer Development Program dan Bangking Operation Staff untuk Regioan Jawa Timur.
Setelah Apply via onlne nanti bakalan diseleksi oleh pihak bank mandiri. Jika lolos maka anda akan mendapat sms dari pihak Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan berhasil mengikuti tahap selanjutnya.


2.    Tahap 2 (Ability Tes / SHL)
Setelah lolos tahap awal pada tanggal 3 Mei 2016 jam 08.30 WIB, saya diundang Bank Mandiri (Persero) Tbk. melalui sms berikut “ANDA DIUNDANG UNTUK MENGIKUTI TES ABILITY BANKING OPERATION STAFF BANK MANDIRI DI MANDIRI UNIVERSITY SURABAYA .....BLA BLA BLA”. Itu bukan capslock saya yang rusak, emang sms yang dikirim dari bank mandiri seperti itu adanya. Hehehe....
Saya pun bergegas mempersiapkan berkas - berkas yang dibutuhkan dan mencari apa itu “TEST ABILITY”. Ternyata setelah browsing itu semacam tes psikotes dan pengetahuan yang dilakukan sebuah lembaga tertentu dan tes tersebut dilakukan dengan sistem online, anda juga diwajibkan membawa kalkulator dan laptop. Kira – kira  seperti ini gambarannya:

Gambar 1. Contoh Tes SHL

Di tes tersebut ada beberapa tahapan dan mempunyai beberapa waktu tertentu. Pada 4 Mei 2016 dengan 20 peserta dimulai tes jam 10.00 WIB - 12.00 WIB. Selesai tes nantinya 1 minggu akan diiformasikan jika lolos akan mendapat undangan melalui sms untuk tes selanjutnya.

3.    Tahap 3 (Final Interview)
Inilah tahap dimana saya terkejut, gimana nggak terkejut kok tiba-tiba sudah tahap interview akhir. Saya mendapat sms pada tanggal 11 Mei 2016 jam 16.06 WIB, saya diundang Bank Mandiri (Persero) Tbk. melalui sms berikut “ANDA DIUNDANG UNTUK FINAL INTERVIEW BANKING OPERATION STAFF BANK MANDIRI DI GEDUNG BUMI MANDIRI .....BLA BLA BLA”. Saya diwajibkan datang pada tanggal 12 Mei 2016 Jam 09.30 WIB. Saya datang dan menuju LT. 3 menemui Hrd kemudian dikasih form dan melengkapi biodata lengkap, ternyata saya bertemu dengan 2 orang saat Tes Ability sebelumnya, 1 Pria dan 1 Wanita. Sekitar Jam 10.00 WIB 3 orang peserta interview final diantar menuju ruangan pimpinan Bank Mandiri Tbk (Persero) untuk interview. Kemudian kita disuruh menunggu lagi kebetulan masih ada tamu, saya sempat mengobrol dan berkenalan dengan peserta pria namaya Dani ternyata lulusan Univ Brawijaya Jurusan Kelautan. Dan akhirnya sekitar jam 11.00 WIB dipanggil pihak hrd 2 orang langsung untuk interview. Kita dipersilakan duduk di mulai dengan Bapak Suroso menjabat tangan kita berdua. Dari situ mulai dari perkenalan diri, pengalaman kerja, organisasi, hobi, dan keinginan bergabung di Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sekitar 1 jam tidak terasa akhirnya interview selesai dan kita berdua boleh pulang dan menunggu kabar 1 minggu kedepan akan di kabari jika landa lolos. Saya sempat berfikir ketika pulang berarti dari Tahap Ability Test kemarin yang diambil hanya 3 orang untuk Tahap Interview Final.

4.    Tahap 4 (Medical Test)
Alhamdulilah saya lolos Tahap Interview Final. HP jadul kecil saya berdering ada sms, pada tanggal 18 Mei 2016 jam 16.06 WIB, saya diundang Bank Mandiri (Persero) Tbk. melalui sms berikut “ANDA DIUNDANG UNTUK MEDICAL TEST BANKING OPERATION STAFF BANK MANDIRI DI KLINIK GRANOSTIC .....BLA BLA BLA”. Saya tidak menyangka tahapannya secepat ini, sebelumya saya menanyakan apakah juga dapat sms, peserta pria yang mengikuti Tahap Interview Final ternyata dia tidak mendapatkan sms. Saya dijadwalkan untuk Medical test pada tanggal 19 Mei 2016 Jam 07.00 WIB, diwajibkan puasa pada tanggal 18 Mei 2016 malem mulai jam 22.00 sampai keesokan pagi, hanya boleh minum air putih. Keesokan harinya saya dateng berusaha datang pagi kebetulan tempat medical test 10 menit dari rumah, pas sampainya disana ternyata sudah ramai dan saya dapat antrian No. 15. Ternyata sudah banyak peserta medical tes Bank Mandiri (Persero) Tbk. dari luar kota yang sampai duluan. Tesnya ada beberapa tahap yaitu: Tes Foto Thorax, Darah, Urine, Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Pinggang, THT, Mata, EKG (Jantung) dan terakhir Tes Fisik. Berlangsung dari pagi sampai sore jam 15.00, namun selama masa tes  saya tidak bosen kita sesama 16 peserta tes ngobrol asik sampai kita bikin group untuk nantinya informasi – informasi lolos tahap berikutnya. Kita berdoa semoga kita bakal lolos semua. Aamiiiinnn.

5.    Tahap 5 (TTD Kontrak)
Alhamdulillah saya langsung sujud syukur setelah membaca sms dari hp saya. Tepat pada  tanggal 21 Mei 2016 jam 11.40 WIB, saya diundang Bank Mandiri (Persero) Tbk. melalui sms berikut “ANDA DIUNDANG UNTUK TTD KONTRAK BANKING OPERATION STAFF BANK MANDIRI DI GEDUNG BUMI MANDIRI .....BLA BLA BLA”. Banyak berkas yang harus saya siapkan yang harus saya serahkan pada hari selasa 24 Mei 2016 jam 08.00 WIB. Pada hari tersebut saya datang dengan rasa penuh harapan dan alhamdulillah hampir semua teman saya yang mengikuti Tahap Medical Test ada, namun ada beberapa ternyata yang tidak lolos. Kita dikumpulkan di dalam sebuah tempat dengan meja bundar dan kita dijelaskan masalah tugas kerja dan kontrak Pegawai Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sampai akhirnya pembagian surat kontrak yang didalamnya juga berisi posisi dan lokasi penempatan kerja, saya sangat berharap mendapat lokasi domisili yaitu Surabaya. Namun  surat yang saya dapatkan berisikan bahwa saya di tempatkan di Kantor Cabang Situbondo Kota sebagai Mikro Kredit Analis. Sedikit kecewa, naman harus tetap bersyukur apa yang kita dapatkan, Allah pasti sudah merencanakan yang terbaik untuk saya. Aaamiin...
Itulah rangkaian tahapan saya sebelum diterima dan mulai kerja pada hari Rabu, 1 Juni 2016 sebagai Mikro Kredit Analis di Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kantor Cabang Situbondo Kota. Semoga dapat memberikan informasi dan pengalaman untuk pembaca dan yang sedang mengikuti tahapan tes Bank Mandiri (Persero) Tbk. Keberuntungan dapat kita dapatkan asalkan kita mau berusaha dan lakukan semua prosesnya dengan yakin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer